MENGENAL LANDAK LAUT (TRIPNEUSTES GRATILLA)

 LANDAK LAUT (TRIPNEUSTES GRATILLA)

Landak Laut (Tripneustes Gratilla)
 

Bulu babi (Echinoidea) atau yang dikenal juga dengan nama landak laut adalah hewan laut yang berbentuk bundar serta memiliki kulit berduri.

Bulu Babi biasa kami sebut dengan nama kombai

Hewan ini bisa ditemukan di daerah yang pasang-surut sampai dengan laut kedalaman kurang lebih 5000 meter. Biasanya landak laut akan terlihat di pantai sebab terbawa arus. Duri-duri pada kulit landak laut dapat digerakkan, berfungsi melindungi mereka dari serangan makhluk lain. Ukuran si landak laut pun maksimal 5 inchi atau sekitar 12 sentimeter lebih. Hewan ini memiliki gigi-gigi yang tidak terlalu kuat, jumlahnya pun tidak banyak. Hanya ada sekitar 5 gigi di dalam mulut seekor landak laut.

Rasa daging dari bulu babi ini cukup lezat untuk dijadikan suatu hidangan. Cara mengolahnya tentu saja  bulu babi dibelah dengan menggunakan alat khusus, kemudian bersihkan kotoran yang ada di dalam tubuhnya, bagian dagingnya diambil. Dagingnya berwarna kuninga taupun oranye. Sebenarnya itu lebih tepat untuk dibilang sebagai ‘telur’ atau gonad.

Selain enak untuk dikonsumsi, bulu babi nyatanya juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hampir 80% tubuh bulu babi mengandung lemak dan juga protein. Kedua kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan tubuh supaya tumbuh kembangnya semakin baik, untuk perkembangan otak, ataupun sebagai peningkatkan vitalitas pada kaum pria. Selain itu, bulu babi juga mengandung vitamin C dan juga vitamin A. Kandungan vitamin A nya melimpah, sehingga dapat meningkatkan system imun.
mengonsumsi landak laut juga dapat mengatasi beberapa penyakit seperti jantung dan tekanan darah tinggi. Orang Jepang adalah salah satu yang rutin mengonsumi olahan landak laut dalam keseharian.

 untuk kalian yang belum terbiasa memegang landak laut harap berhati hati, karena ada landak laut yang berbahaya,
tertusuk duri dari landak laut akan terasa menyakitkan.
ini akan meninggalkan luka tusukan pada kulit yang menyebabkan infeksi apabila tidak segera diobati.
Area kulit yang tersengat bulu babi biasanya akan memerah, membengkak, dan berwarna biru kehitaman.

Jika kalian terkena sengatan, segera lakukan pertolongan pertama
Rendam area kulit yang tertusuk bulu babi ke dalam air hangat selama 30-90 menit.
Ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit serta melunakkan duri landak laut yang menancap di kulit.

1 Komentar untuk "MENGENAL LANDAK LAUT (TRIPNEUSTES GRATILLA)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel