MENGENAL SIPUT JALA (Conomurex luhuanus)

 SIPUT JALA (Conomurex luhuanus)

 

Dalam bahasa latin Siput Jala disebut  Conomurex luhuanus, dan masuk kedalam kelas Gastropoda Caenogastropoda. Caenogastropoda merupakan kelompok beragam besar yang kebanyakan siput laut dan hewan moluska gastropoda laut lainnya.

Di kenal juga dengan Scorpion Conches, Spider Sea Shells, Strawberry Lipped Conch, Red Lipped Conch, Red Mouth Conch, Red-mouthed Conch, Blood-mouthed Conch, Orange-lip Conch and Sand Conch Snail.





 

Gastropoda berarti hewan bertubuh lunak yang berjalan dengan cara menggunakan perutnya.

Hewan pada kelas Gastropoda ini biasanya mempunyai kepala dengan 2 sampai 4 tentakel yang memiliki fungsi sebagai reseptor kimiawi atau juga mekanis, dengan mata pada ujungnya. Hewan lunak tersebut juga mempunyai kaki pada bagian ventralnya. Kaki bagian paling depan itu disebut dengan sebutan propodium yang memiliki fungsi untuk mendorong sedimen saat siput merayap.

Karakteristik hewan ini di dalam hal tersebut memperoleh makanan yakni dengan struktur seperti tali atau pun juga lidah kasar yang disebut dengan sebutan radula. Radula ini sering disebut juga lidah parut, yang terdari dari ratusan gigi mikroskopis yang digunakan untuk dapat mengikis (memarut) makanan ini seperti ganggang serta zat makanan lain.

Siput Jala (Conomurex luhuanus) adalah salah satu spesies gastropoda laut yang dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir sebagai sumber protein hewani selain ikan. Masyarakat Lipu/Katobengke  menyebut hewan ini dengan nama fonoci atau kakoo. 


Belum ada Komentar untuk "MENGENAL SIPUT JALA (Conomurex luhuanus)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel